RADIO SUARA SAWERIGADING MEDIA HIBURAN DAN INFORMASI-

Selasa, 19 Februari 2013

Reportase :

 PDAM OPERASIONALKAN AIR LANGSUNG  MINUM

Polewali Mandar_ Salah satu upaya  meningkatkan kinerja pelayanan pelanggan air minum daerah   Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM)  Kab. Polewali Mandar. Sejumlah terobosan program tahun 2013  tengah di genjot lima bulan terakhir di bawah kepemimpinan Fadhly anwar

Salah satunya sejak akhir tahun 2012  PDAM meluncurkan servis public di  hari jadi polewali mandar ke 53 tahun.  Desember lalu, operasinal unit Air langsung minum di  area rumah jabatan Rujab Bupati Polewali Mandar.  Ditemui Kominfo 18/2/2013 Direktur Perusahaan Air minum Daerah PDAM Kab Polewali Mandar Fadhly Anwar menyebut,  tidak hanya fungsi  frofit ditekankan saat ini demi peningatan kualiatas pelayanan public untuk pelanggan air minum,  tetapi frofesionalime kinerja di tubuh PDAM pun di benahi.  

" salah satunya memberikan pelayanan maksimal masyarakat, bisa memimun air langsung dari proses penyulingan higienis pengadaan unit servis air mimum di peruntukan untuk siapa saja yang membutuhkan khususnya warga yang kebetulan melintas dan membutuhkan. Unit servis air minum langsung PDAM  terealisasi  berkat  dukungan kerjasama Pemkab air langsung minum  bisa di manfaatkan  seluas luasnya ini,  yang belum ada ditempat lain."sebutnya.

Air langsung minum yang dioperasionalkan pdam belum ada ditempat lain baru PDAM Polewali Mandar  dikhusukan hanya di  area servis public, lanjut Fadlhy   kualitas dari produksinya  dengan olah sterilisasi dijamin berkualitas  pasalnya,  telah melalui uji  klinis dan juga  ijin permenkes mesin yang digunakan PDAM . semata mata member pelayanan operasional  sejak diluncurkan  28 desember lalu  hadaih untuk polman ke 53 tahun.

Efektifitas operasional

Sementara itu, menyinggung pelayanan public terhadap  pelanggan air minum daerah ini langkah efesinsi dan efektifitas di laksanakan  PDAM . Yang menjadi kebijakan startegis tahun 2013 ini, menurut Fadhly  di internal perusahaan  langkah penyehatan menuju  PDAM sehat  dan mandiri  dengan mengupayakan pelayanan prima. Selama ini diakuinya  kurang terlaksana efesiensi  kinerja dimana,  biaya operasi banyak terforsir  sehingga menjadi beban  hutang di unit PDAM Kec wonomulyo dengan terlebih dahulu  mengurangi biaya energy.

Pengurangan beban solar bahan bakar,   karena terkadang terjadi pemborosan   berdasarkan catatan PDAM  mengalami surplus 800 pada tahun ini. Disisi lainya Peningkatan SDM yaitu kegitan  pengembangan  dengan pelatihan TIK bekerjasama KOMINFO Pemkab Polewali Mandar

Penguatan Sumber daya Manusia yang dimadsud, terfokus pada SDM bagian  tehnis administrasi  retkruimen tenaga yang sesuai keahlian khusus,  pihaknya melaksankan  test tenaga kontrak yang dibutuhkan untuk perusahaan  perusahaan, demi mendaptkan sumber pendapatan perusahaan  ."tegas fadhly.

Hal lainnya,  aspek tehnis di tahun 2013. Forsir pada perbaikan pemeliharaan  peralatan instalasi  mengingat  peralatan sudah tua  belum pernah ada pergantian, jika tidak memiliki nilai ekonomi.

Sedikit demi sedikit hutang pokok upaya penghentian  atau penghapusan hutang  ke kementrian keungan  rektrsisa urang  dengan rencana bisnis yg matang.

Ditambahkannya target langganan  di upayakan  dua kali lipat dari tahun sebelumnnya,  komitmen PDAM  untuk mencapai MDG'S.  68 persen 10 juta sambungan Indonesia. Pupule  50 meter kubik hingga 85/ kubik  diperkirakan  mencapai 7500 ideal pelanggan. Daya  pemakaian wonomulyo  3.000 itu  hitungannya, 30/liter. Yang diakui kapasitas terbatas. Penambahan  kapasitas wilayah perkotaan  dan madatte. Yang juga dubagikan ke wilayah madatte aliaran matakali.  Aspek kependudukan  warga kurang mampu ada bantuan pemerintah kedaerah pedalam tersentuh , karena air minum  sebagai hak hidup masyarakat. (Aty Achmad/)

 

 

 

Reaksi:

1 komentar:

Anonim mengatakan...

PDAM...Air Minum...? hahaha disebut air bersih saja susah, endapan dan warnanya yg keruh mengancam kesehatan, Wai tipalayo memang sangat dibutuhkan tapi perlu disaring sebelum dialirkan ke rumah warga. Menunggu terobosan nyata dari Bung Fadly