RADIO SUARA SAWERIGADING MEDIA HIBURAN DAN INFORMASI-

Jumat, 25 Mei 2012

Si Mungil Berkhasiat Super

 Bentuknya yang mungil, tak membuat khasiatnya minim. Cengkih yang kerap disandingkan dengan cabai, kayu manis, kunyit, dan rempah lainnya dalam meracik bumbu kari, ternyata juga dapat digunakan menyembuhkan ragam penyakit. Apa saja khasiatnya? berikut uraiannya seperti dilansir Times of India, Senin (7/5).

1. Pereda Stres
Anda mungkin bosan dengan terapi-terapi pereda stres yang menggunakan bahan berbahaya. Untuk itu, tak ada salahnya bila mencoba cara alami yang terbuat dari cengkih. Caranya, didihkanlah air yang dicampur dengan daun kemangi, daun mint, dan cengkih. Kemudian gunakan air tersebut untuk menyeduh teh. Bila Anda suka madu, bisa ditambahkan dalam seduhan minuman tersebut. Secangkir minuman sehat ini bisa bantu meredakan ketegangan pada diri Anda.

2. Sakit Gigi
Terganggu rasanya bila sakit gigi mewarnai hari-hari Anda. Untuk itu, cobalah gunakan cengkih untuk mengurangi rasa sakit dahsyat tersebut. Kandungannya antiseptiknya dapat mengurangi infeksi pada gigi. Caranya, oleskan minyak cengkih pada rongga dalam gigi yang berlubang. Setelah itu, rasakan perubahannya.

3. Gangguan Pencernaan
Cengkih memiliki aliran enzimatik dan meningkatkan fungsi pencernaan. Kandungan zatnya berguna untuk mengatasi iritabilitas lambung dan dispepsia. Menjilati bubuk cengkih goreng yang dicampur dengan madu secara efektif dapat mengendalikan muntah. Tindakan anestesi cengkih juga bisa membantu menangani nyeri perut dan membuat muntah berhenti.

4. Batuk
Mengunyah cengkih yang dicampur dengan garam dapat membantu mengeluarkan dahak Anda. Selain itu, kembang mungil itu juga dapat mengurangi iritasi pada tenggorokan. Mengunyah cengkih yang telah matang bisa menjadi obat efektif bagi batuk Anda.

Nah, luar biasa bukan. Untuk itu, tak ada salahnya bila Anda mencoba manfaat tumbuhan asli Indonesia tersebut.

Sumber : Liputan6.com

Reaksi:

0 komentar: