RADIO SUARA SAWERIGADING MEDIA HIBURAN DAN INFORMASI-

Kamis, 28 Juni 2012

Empat Cara Jitu Dongkrak Rasa Ingin Tahu Anak

RASA ingin tahu sangat penting dimiliki anak sejak dini. Untuk itu, orangtua seharusnya bisa memupuk sifat ini sejak dini guna merangsang kreativitas di masa depannya.

Keinginan mengetahui berbagai hal dapat menjadi modal penting bagi anak-anak dalam menjalani masa depannya. Jika perasaan ingin tahu rendah, maka efek negatif pun akan mandul di kemudian hari. Untuk itu, tak ada salahnya bagi orangtua membantu anak-anak mereka dalam menumbuhkan rasa ingin tahunya. Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan, seperti dilansir Femalefirst.

Fokus pada keterampilan daripada pengetahuan

Orangtua bisa bersama-sama memainkan permainan yang memiliki teka-teki. Misalnya, bermain puzzle atau mengisi teka-teki silang.

Mendorong bentuk perhatian mental, seperti kesadaran
Sebagai orangtua, Anda bisa mengajarkan anak Anda untuk mengamati segala sesuatu yang ada di sekitar. Cobalah ajak berjalan-jalan, lihatlah lingkungan sekitar, dan dengarkan semua suara yang bisa mereka dengar.

Memberi anak kesempatan untuk mengeksplorasi ide-ide baru dan topik secara mendalam

Anda bisa mendorong mereka untuk berbicara tentang apa yang mereka pikirkan, dan biarkan mereka mengajukan banyak pertanyaan dan menarik kesimpulan sendiri. Misalnya, mendukung hobi mereka.

Biarkan anak-anak bereksperimen

Dengan melakukan eksperimen sendiri, rasa ingin tahu anak-anak akan tumbuh dengan sendirinya. Sebagai orangtua, tugas Anda hanya membantu untuk berpikir tentang pertanyaan dengan cara seluas mungkin. Katakan pada mereka bahwa tidak ada jawaban benar atau salah.

sumber : okezone.com

0 komentar: