RADIO SUARA SAWERIGADING MEDIA HIBURAN DAN INFORMASI-

Rabu, 27 Juni 2012

Lima Makanan Terbaik untuk Tidur Nyenyak


TIDUR malam yang nyenyak bisa diraih dengan menentukan asupan makanan sebelum tidur. Ini dia beberapa pilihan makanan yang baik diasup menjelang tidur.

Tidur malam tidak hanya berfungsi untuk menghilangkan rasa kantuk, tapi juga memperkuat sistem kekebalan tubuh. Karenanya, menjaga kualitas tidur malam harus selalu dipertahankan dengan baik. Berikut beberapa pilihan makanan yang dapat menunjang kualitas tidur malam Anda, sebagaimana dilansir Askmen.

- Keju cottage (keju lembut)

Jalan Anda untuk dapat tidur lebih baik bisa mulai dengan setengah cangkir keju cottage atau keju lembut dalam menu makan malam.

Keju cottage merupakan sumber protein yang sempurna sebelum tidur karena memgandung jenis protein yang lambat dicerna, yakni protein kasein yang akan mendistribusikan asam amino ke jaringan otot selama beberapa jam.

Makanan ini benar-benar akan membantu meningkatkan tidur Anda karena mengandung asam amino triptofan, yang secara alami akan menginduksi tidur dalam tubuh dan membantu Anda mendapatkan istirahat malam yang lebih baik.

- Oatmeal
 
Banyak orang berpikir bahwa oatmeal ialah makanan untuk pagi hari alias sarapan. Padahal, oatmeal pun bekerja dengan baik di malam hari karena karbohidrat di dalamnya menyebabkan pelepasan serotonin dalam tubuh. Serotonin ialah hormon yang menimbulkan perasaan baik, yang menurunkan stres dan menempatkan Anda dalam keadaan pikiran yang jauh lebih tenang pikiran.

Oatmeal merupakan sumber karbohidrat yang lambat dicerna, Anda tidak perlu khawatir terbangun tengah malam akibat ketaksabilan kadar gula darah. Irislah setengah apel dan tambahkan oatmeal Anda bersama dengan sedikit kayu manis. Sajikan dengan sedikit susu skim jika diinginkan.

- Kacang atau selai kacang
 
Makanan lain yang harus Anda pertimbangkan jika Anda sering mengalami kesulitan tidur ialah kacang atau selai kacang alami. Kacang tanah merupakan sumber yang kaya niacin, yang merupakan nutrisi yang membantu meningkatkan pelepasan serotonin dalam sistem metabolisme tubuh. Selai kacang mengandung kandungan lemak dan kalori yang tinggi, sehingga membuat Anda lebih dapat menjaga ukuran porsi Anda agar tetap terkontrol.

- Susu hangat
 
Minum segelas susu hangat sebelum tidur dapat benar-benar mendorong tidur lebih cepat. Alasan di balik ini karena fakta bahwa susu juga mengandung asam amino triptofan dan hangatnya susu memberikan efek menenangkan dan akan membuat Anda memiliki perasaan yang sangat rileks.

Selain itu, susu juga menawarkan dosis kalsium yang baik, yang bekerja di otak untuk membantu mengatur produksi melatonin, yang merupakan zat yang secara alami akan mengontrol siklus tidur-bangun Anda. Tambahkan satu sendok teh madu bila Anda lebih memilih ingin menambahkan rasa manis.

- Anggur

Makanan terakhir yang baik untuk Anda pertimbangkan sebelum tidur untuk membantu mempromosikan tidur malam yang nyenyak yakni buah anggur. Anggur merupakan buah yang mengandung hormon pengatur tidur melatonin.

Tambahkan anggur secara teratur untuk diet Anda. Hal ini untuk dapat membantu meningkatkan siklus tidur-bangun alami dalam tubuh. Hal ini nantinya akan memungkinkan Anda untuk tidur lebih cepat setiap malam. Masukkan beberapa irisan buah anggur dalam mangkuk kecil yoghurt untuk tambahan kalsium.
 
sumber : okezone.com

0 komentar: