RADIO SUARA SAWERIGADING MEDIA HIBURAN DAN INFORMASI-

Minggu, 01 Juli 2012

5 Fakta Tentang Ketombe

 
Rambut berketombe pasti ga banget. Bukan hanya bikin rambut gatal tapi juga ga pede. Jika ini jadi masalahmu, jangan buru-buru mengganti shampoo dan melakukan perawatan dengan analisa sendiri. Coba kenali lima fakta tentang ketombe seperti dikutip dari Daily Glow, berikut ini.

1. Bukan karena kulit kepala kering
Mengoleskan pelembab untuk kulit tubuh yang kering dan pecah-pecah sudah biasa kita lakukan. Tapi jika yang kering adalah kulit kepala jangan buru-buru pakai shampo full pelembab. Kebalikan dengan kondisi kulit tubuh, ketombe justru disebabkan kulit kepala yang terlalu berminyak. Menurut Jessica Wu, Dermatolog dari Los Angeles, ketombe justru muncul jika kondisi kulit kepala sangat berminyak dan menyebabkan kulit mati di kepala lebih mudah terkelupas.

2. Lebih sering keramas
Ahli kulit tak akan menyarankan kita untuk keramas setiap hari, karena akan menghilangkan minyak alami rambut dan membuat kulit kepala iritasi. Tapi untuk urusan ketombe, jarang keramas hanya akan memperparah munculnya ketombe. Dengan keramas setiap hari kondisi rambut justru akan lebih bersih dari jamur dan minyak.

3. Gatal belum tentu ketombean
Jika masih ketombean padahal telah menggunakan sampo antiketombe dan keramas setiap hari, kemungkinan besar gatal yang dirasakan bukan gara-gara ketombe. Bisa jadi rasa gatal itu adalah reaksi alergi atau peradangan kulit. Jika ini yang terjadi, segera minta bantuan ahli kulit karena sampo anti ketombe terbaik pun belum tentu bisa mengatasinya. So, dont take the risk!

4. Kulit tubuh dan wajah juga ketombean
Ketombe tak hanya ada di kulit kepala tetapi juga bisa terjadi di tempat lain yang mengandung minyak berlebih. Alis mata, hidung, lekukan telinga adalah anggota badan yang kerap ketombean selain kulit kepala. Untuk mengatasinya, jangan ragu gunakan sampo anti ketombe pada bagian-bagian yang berminyak saat keramas.

5. Ketombe bisa hilang, tak bisa dikontrol
Rambut yang ketombean rentan terkena ketombe lagi meski berhasil dihilangkan. Untuk mencegah ketombe, shampo saja tak cukup. Mulailah konsumsi buah dan sayuran yang mengandung seng  dan vitamin B, hindari makanan berlemak jenuh yang memungkinkan tubuh memproduksi minyak berlebihan.
Lima fakta di atas bisa jadi panduan untuk miliki rambut bebas ketombe. Dengan rajin merawat rambut dan memilih produk perawatan rambut yang tepat, kamu bisa bebas ketombe dan memiliki rambut indah dan sehat. Bahkan bisa jadi selebritis hanya karena rambut.

sumber : kapanlagi.com

Reaksi:

0 komentar: