RADIO SUARA SAWERIGADING MEDIA HIBURAN DAN INFORMASI-

Selasa, 03 Juli 2012

Mencegah, Menghilangkan Dan Mengatasi Uban

Tips mencegah uban tumbuh sebelum waktunya. Cara menghilangkan uban agar tidak tumbuh lagi. Mengatasi rambut yang sudah terlanjur beruban.

Mencegah, Menghilangkan dan Mengatasi Uban

Mencegah, Menghilangkan Dan Mengatasi UbanMunculnya uban di rambut adalah salah satu tanda-tanda penuaan dan itu terjadi secara alami. Tetapi jika rambut putih yang muncul sebelum waktunya, bisa membuat penampilan terganggu. Beberapa cara untuk mencegah dan menangani munculnya uban adalah dengan mempelajari penyebabnya. Seringkali kebiasaanlah yang mendorong munculnya itu.Uban rambut putih disebabkan oleh banyak hal, termasuk genetika, gangguan metabolisme, kekurangan gizi, stres, penggunaan sampo atau pewarna rambut dengan produk kimia tinggi dan sebagainya.

Ketika rambut putih muncul di rambut, terkadang tangan terasa gatal ingin mencabutnya. Dan cara ini membawa efek buruk. Jika rambut beruban dicabut, itu dapat merusak pori-pori rambut dan mengganggu akar saraf rambut. Ada yang percaya bahwa jika kita mencabut rambut beruban, maka uban akan tumbuh makin banyak, ini hanya mitos. Ketika ada rambut uban mulai muncul, berarti tanda bahwa ada masalah dengan produksi melanin. Jadi, ketika rambut beruban dicabut, sebenarnya sudah ada beberapa rambut beruban yang akan tumbuh.

Cara yang tepat untuk mencegah dan menangani rambut beruban adalah dengan makan makanan bergizi dan menerapkan gaya hidup sehat. Mulai berolahraga dengan teratur untuk kelancaran metabolisme tubuh. Olahraga teratur dapat menenangkan saraf dan pikiran, sehingga sangat berpengaruh dalam memperlambat timbulnya uban. Hindari gaya hidup tak sehat seperti merokok, alkohol, keluar malam, dan lain sebagainya.Pola seimbang dengan memilih makanan kaya protein, rendah lemak dan banyak mengandung buah-buahan bergizi dan mengkonsumsi nutrisi.

Rambut putih disebabkan karena produksi pigmen pewarna rambut yang disebut melanin terhambat. Pigmen tersebut diproduksi oleh sel melanosit. Melanosit memproduksi melanin tidak bisa jika tubuh kekurangan vitamin B 12. Nutrisi vitamin B 12 dapat diperoleh dari bahan makanan daging, hati, kerang, kepiting, kepiting, ikan salmon atau tuna, unggas, telur, susu dan produk susu lainnya

Berikan vitamin untuk rambut untuk mendapatkan nutrisi yang cukup, atau pemeliharaan bahan alami. Banyak ramuan herbal yang dapat digunakan untuk mengatasi rambut beruban. Di antara kandungan biji pepaya, hanya perlu mengambil sedikit biji pepaya, panggang dan ditumbuk halus dan dicampur dengan sedikit minyak kelapa. Oleskan campuran tersebut pada rambut dan kulit kepala. Biarkan selama sekitar satu jam, lalu cuci seperti biasa.

Jika uban sudah muncul, jangan terburu-buru putus asa. Munculnya rambut beruban karena produksi pigmen rambut yang disebut melanosit berkurang. Bahan makanan tertentu dapat meningkatkan produksi pigmen yang akan mencegah rambut beruban tidak muncul kembali. Bahan yang mengandung zat besi adalah yang paling penting. Besi adalah nutrisi yang merangsang produksi melanosit. Jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi sayuran hijau dan daging merah yang cukup untuk mendapatkan jumlah yang tepat dari zat besi. Tak ada salahnya mengkonsumsi multivitamin lengkap untuk menjaga keseimbangan nutrisi dalam tubuh sekaligus akan melindungi tubuh terhadap penyakit.

sumber : berbinarbinar.com

Reaksi:

0 komentar: