RADIO SUARA SAWERIGADING MEDIA HIBURAN DAN INFORMASI-

Selasa, 03 Juli 2012

Tips Agar Anak Pintar dan Cerdas

Tips agar Anak Pintar. Hmmm…sepertinya ini merupakan topik yang menarik bagi orang tua. Kepintaran seseorang merupakan anugerah dari Tuhan.

Namun, kita para orang tua juga dapat mengupayakan agar anak pintar dengan menciptakan lingkungan yang mendukungnya.

Agar anak pintar, banyak cara yang dapat kita lakukan, beberapa diantaranya adalah:

Tips Agar Anak Pintar dan Cerdas

1. Lakukan permainan yang mengajak berpikir

Misalnya dengan mengajak bermain catur atau teka-teki silang selain menyenangkan juga mendukung strategi berpikir anak-anak, bagaimana cara menyelesaikan masalah, dan membuat keputusan yang kompleks. Bagi anak usia balita bisa juga diajak bermain yang bersifat edukatif seperti bermain puzzle.

2. Ajaklah untuk Mengenal Musik

Agar anak pintar, ajaklah bermain music. Bermain musik merupakan cara yang menyenangkan untuk merangsang pertumbuhan otak kanan.

3. Berikan ASI

Ternyata, makanan otak yang paling dasar adalah ASI. Berbagai penelitian secara konsisten terus menunjukkan begitu signifikannya keuntungan ASI yang behubungan dengan pertumbuhan bayi. dibandingkan dengan anak yang mengkonsumsi ASI hanya beberapa bulan saja, anak yang mengkonsumsi ASI eksklusif memiliki tingkat kepintaran yang lebih tinggi.

4. Biasakanlah Berolahraga

Ajaklah anak untuk beraktifitas fisik agar anak pintar. Semakin bugar badan seorang anak maka kemampuan otaknya dalam menerima pelajaran juga meningkat. Bimbinglah agar anak mau turut dalam kegiatan fisik atau olahraga sesuai dengan minatnya.

5. Jauhkan makanan cepat saji

Memberikan makanan bergizi tinggi adalah sangat baik untuk perkembangan mental anak usia dini serta berfungsi dalam perkembangan motorik anak pada usia 1-2 tahun pertama. Misalnya anak-anak memerlukan zat besi untuk perkembangan jaringan otak yang sehat, anak yang kekurangan zat besi akan lambat dalam menerima rangsangan. Untuk itu, hindari makanan cepat saji yang kandungan gizinya tidak seimbang.

6. Kembangkanlah rasa ingin tahu

Agar merangsang anak untuk berpikir, orang tua harus mengembangkan rasa ingin tahunya pada anak sehingga mendorong anak untuk mencari ide-ide baru. Dengan Mengajarkan anak keterampilan baru serta pendidikan di luar rumah juga bisa mengembangkan rasa ingin tahu anak dan intelektualnya.

7. Ajak Anak Agar Gemar Membaca

Agar anak pintar, ajaklah anak untuk mencintai membaca. Karena, membaca adalah cara yang paling mudah untuk meningkatkan pembelajaran dan perkembangan kognitif anak-anak dari segala usia. Mulailah dengan sering membacakan anak dongeng sebelum tidur dan sering-seringlah memberikan anak hadiah buku yang bisa menarik perhatiannya.

8. Berikan Kepercayaan Diri

Orang tua sebaiknya selalu memberikan semangat dan optimisme kepada anak-anak. Ajaklah anak untuk ikut kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan tim.

9. Berikan Sarapan yang Sehat

Anak-anak yang tidak sarapan lebih mudah marah dan kurang konsentrasi pada waktu belajar, sementara anak yang sarapan akan tetap fokus dan bergerak selama jam sekolah. Untuk itu, awali hari mereka dengan sarapan yang sehat, agar anak pintar dan cerdas.

sumber : berbinarbinar.com

0 komentar: