RADIO SUARA SAWERIGADING MEDIA HIBURAN DAN INFORMASI-

Rabu, 04 Juli 2012

Fakta-fakta mengenai kanker

Kanker merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di seluruh dunia. Dari total 58 juta kematian di seluruh dunia pada tahun 2005, kanker merupakan penyebab dari 7,6 juta kematian (atau 13% dari seluruh kematian). Jenis-jenis kanker yang merupakan penyebab kematian utama adalah:
  • Kanker Paru-Paru menyebabkan 1,3 juta kematian per tahun
  • Kanker Lambung menyebabkan hampir 1 juta kematian per tahun
  • Kanker Hati menyebabkan 662.000 kematian per tahun
  • Kanker Usus menyebabkan 655.000 kematian per tahun dan
  • Kanker Payudara menyebabkan 502.000 kematian per tahun
Lebih dari 70% kematian akibat kanker di tahun 2005 terjadi di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah. Kematian akibat kanker terus meningkat, dengan perkiraan 9 juta orang akan meninggal akibat kanker di tahun 2015 dan 11,4 juta akan meninggal di tahun 2030.
Jenis kanker yang paling sering terjangkit di seluruh dunia adalah:
  • Di kalangan pria (sesuai jumlah kematian global): paru-paru, lambung, hati, colorectal, esofagus dan prostat.
  • Di kalangan wanita (sesuai jumlah kematian global): payudara, paru-paru, lambung, colorectal dan leher rahim.
40% dari kanker dapat dicegah dengan mengadopsi pola makan yang sehat, aktif berolah raga, dan tidak merokok. Merokok adalah penyebab kanker terbesar di dunia yang bisa dicegah. Merokok dapat menyebabkan kanker paru-paru, tenggorokan, mulut, pankreas, kandung kemih, lambung, hati, ginjal, dan jenis-jenis lainnya; dan merokok pasif juga dapat menyebabkan kanker paru-paru.
Seperlima dari kanker di seluruh dunia dapat disebabkan oleh infeksi yang kronis, terutama dari virus Hepatitis B HBV (menyebabkan kanker hati), virus Human Papilloma HPV (menyebabkan kanker leher rahim), Helicobacter Pylori (menyebabkan kanker lambung), Schistosomes (menyebabkan kanker kandung kemih), Liver Fluke (menyebabkan kanker saluran empedu) dan Human Immunodeficiency Virus HIV (Kaposi sarcoma dan limfoma).
 
sumber :  http://www.parkwaycancercentre.com

Reaksi:

0 komentar: