RADIO SUARA SAWERIGADING MEDIA HIBURAN DAN INFORMASI-

Senin, 16 Juli 2012

Tips Menghadapi Bulan Suci Ramadhan Dengan Ikhlas 2012

 

Assalamualaikum .Sebentar lagi kita akan berpuasa di Bulan Suci Ramadhan tahun 2012. kali ini saya akan memberikan tips bagaimana berpuasa yang baik dan iklas. semoga bermanfaat. 


1. Niat ikhlas.
 Mulailah puasa dengan niat yang ikhlas karena Allah swt, bukan karena yang lain. Niat ikhlas akan mendorong Anda untuk berpuasa secara konsisten. Agar Anda dapat berpuasa dengan optimal, maka ingatlah kembali bab mengenai puasa dengan membaca atau mengkaji tentang hal itu. Tanpa niat maka puasanya tidak syah.

2. Cukup Air
Ketika berpuasa banyak orang yang lupa minum, apalagi ketika sahur. Minimal Anda minum 8 gelas. Aturlah agar kebutuhan air bagi tubuh tercukupi, agar tidak mengalami dehidrasi yang berat.  Kalau Anda menginginkan variasi, Anda bisa memilih teh, susu, jus buah, koktail buah, atau juga kuah sayur.

3. Cukup Kebutuhan Zat Gizi.
 Kalori akan menghasilkan tenaga yang dibutuhkan manusia. Dalam sehari, wanita membutuhkan kalori sekiRA 1900 kalori, sedangkan pria 2100 kalori.

Saat berpuasa, tentunya Anda bisa memenuhi angka tersebut pada saat berbuka dan sahur. Oleh karena itu, sebaiknya pilih makanan yang alami, agar makanan gampang diubah menjadi kalori tanpa menghasilkan efek negatif bagi tubuh. Banyak sumber kalori yang bisa Anda peroleh dari nasi, jagung, atau mie. Protein bisa didapat dari daging, tahu, dan lainnya. Vitamin dan mineral bisa diperoleh dari  buah dan sayur-sayuran.

4. Makan Secara Bertahap
Cukupi kebutuhan gizi, yaitu karbohidrat 50-60 persen, protein 10-20 persen, lemak 20-25 persen, cukup vitamin dan mineral dari sayur dan buah.

Hal yang tidak boleh dilupakan adalah makanlah secara bertahap. Sebab selama Anda berpuasa, sistem pencernaan relatif istirahat. Pada saat berbuka makanlah sedikit dengan bahan makanan yang mengandung kalori tinggi dan mudah diserap seperti kurma atau makanan lain yang mengandung energy tinggi. Jangan lupa minum satu gelas air. Setelah salat magrib, makan makanan pelengkap yang terdiri dari nasi atau pengganti nasi, protein dari ayam, ikan, atau daging, tahu atau tempe, serat dari sayuran, dan buah sesuai denga n kebutuhan gizi. Jangan berlebih-lebihan, sebab hal ini akan justru mengganggu kerja saluran pencernaan dan metabolism zat gizi di dalam tubuh. Setelah salat tarawih, Anda dapat makan camilan berupa roti atau buah. Pembagian makan bisa Anda lakukan seperti ini: 50 persen untuk berbuka, 10 persen setelah salat tarawih, dan 40 persen waktu sahur.

5.  Sahur.  
Makanlah makanan dengan kadar protein tinggi. Sebab, pencernaan dan penyerapan makananberkadar protein tinggi menjadi lebih lama dibandingkan dengan makanan yang kadar karbohidratnya tinggi. Setelah sahur, tambahkan susu tanpa lemak dan suplemen multivitamin agar stamina tetap terjaga.

6. Berolahraga
Anda cukup olahraga ringan saja seperti jalan kaki, naik sepeda, dan lain-lain. Waktu berolahraga yang baik adalah menjelang berbuka puasa.

7. Tidur siang. Ini akan membantu Anda agar tidak mengeluarkan cairan tubuh berlebihan, dan juga untuk mengurangi rangsangan lapar. Bagi mereka yang bekerja sampai sore bisa menggunakan waktu istirahat (jam 12.00=13.00) untuk tidur sejenak jika memungkinkan. Jika tidak bisa sebenarnya juga tidak apa-apa.

sumber :  http://sourceaplikasi.wordpress.com

Reaksi:

0 komentar: