RADIO SUARA SAWERIGADING MEDIA HIBURAN DAN INFORMASI-

Kamis, 26 Juli 2012

Tips Bangun Sahur

Bulan Ramadhan tidak terpisahakan dengan istilah sahur. Apa sih itu sahur? Dalam segi bahasa sahur berasal dari kata سَحَرَ yaitu akhir malam, menjelang subuh jadi secara istilah yaitu aktivitas (seperti menikmati hidangan) yang dilakukan pada subuh hari sebelum adzan berkumandang hal ini untuk melaksanakan puasa. Kenapa harus makan sahur? Sebab makan sahur ada berkahnya dan banyak faedahya. Sahur tidak hanya diindektik dengan makan.

Ada hadis yang menyebutkan “Sahur adalah berkah, makan janganlah kalian meninggalkannya walaupun salah seorang diantara kalian hanya dengan meneguk satu tegukan air.”
Demikianlah begitu pentingnya sahur. Adapun hukum sahur itu adalah sunnah.
Berikut ini tips bangun sahur:
 
1. Setelah Shalat Terawih Langsung Tidur
Tentu banyak aktivitas di siang hari telah menguras energy kita. Dan pada malamnya dilanjutkan dengan shalat terawih. Jadi agar bisa bangun sahur tepat waktu dan khawatir tidak bangun. Sehabis shalat terawih tidurlah. Bukan berarti juga gara-gara keletihan di siang hari, shalat terawih ditinggalkan.

2. Pasang Alarm Berlapis-Lapis. Misalnya jam 02.00, 02.3, 03.30, 04.00 dst

Kegunaan memasang alarm hp/jam dapat membangunkan kita. Usahakan barang tersebut tidak jauh dari telingan kita dan jangan pula terlalu dekat. Agar bisa terbangun dengan mendengar alarm yang susah kita pasang.

3. Minta ditelpon buat bangukan sahur

Tipe orang bermacam-macam pada saat terbangun dari tidurnya, yaitu biasanya ada yang dengan hanya mendengar nada dering hp masuk langsung bangun. Dengan meminta teman kita yang sudah sering bangun subuh. Boleh juga meminta teman untuk ditelponkan (miscall), biar dapat membangungkan kita untuk sahur.

4. Minta disiramkan air dengan teman yang satu kost/kontrakan

Ini bagian yang ekstrim bagi yang sulit sekali bangun. Sudahlah sehabis terawih langsung tidur, sudah pasang alarm berlapis-lapis, udah ditelpon. Eh…rupanya belum ampuh juga untuk bangun sahur. Bagi yang rela disiram boleh juga dicoba. Tapi menyiramkan tidak sampai satu ember, percikkan saja air ke wajah teman kita yang sulit bangun sahur itu.

5. Usahakan tidak ngembun

Selain bulan puasa, ada sebagian orang yang hobi bermain game sampa semalaman suntuk / nonton bola larut malam. Jika demikian sudah dipastikan bangun sahur akan susah. Jika memang bekerja sebagai tukang ronda bisa bergantian dengan teman yang lainnya.

6. Ketika hendak tidur usahakan berdoa

Ini bagian yang tak boleh ditinggalkan. doa yang dibaca boleh doa mau tidur, atau melafazhkan doa “ ya Allah bangunkanlah saya sahur, amin”.
Tips di atas point satu dengan yang lainnya saling berkaitan. Oleh karena itu, dalam penerapannya boleh sekaligus atau memilih yang menurut kesanggupan masing-masing dan disesuaikan dengan kondisi yang berlaku.

sumber : http://spupe07.wordpress.com

Reaksi:

0 komentar: