RADIO SUARA SAWERIGADING MEDIA HIBURAN DAN INFORMASI-

Sabtu, 14 Juli 2012

Sembilan Cara untuk Hidup Lebih Lama

MENGUBAH gaya hidup dapat membantu hidup lebih lama. Hidup sehat, ternyata bikin hidup lebih lama. Demikian hasil sebuah penelitian yang baru-baru ini dirilis oleh Health Magazine.

Empat perilaku buruk yakni merokok, minum alkohol terlalu banyak, tidak berolahraga, dan tidak makan cukup buah-buahan serta sayuran, bisa menggali kuburan Anda lebih awal. Padahal, Anda bisa hidup lebih lama dari usia rata-rata, sampai 12 tahun, tentu dengan pola hidup sehat.


Anda dapat memperbaiki keadaan tersebut dengan mengadopsi sembilan kebiasaan berikut ini untuk menjaga tubuh Anda terlihat dan terasa lebih muda.


1. Jangan makan berlebihan

Jika ingin hidup sampai 100 tahun, meninggalkan sedikit makanan di piring Anda mungkin ide yang baik. Penulis Dan Buettner, yang mempelajari umur panjang di seluruh dunia, menemukan bahwa orang paling tua di Jepang berhenti makan ketika mereka merasa kenyang sekitar 80 persen.

Para Peneliti dari St Louis University telah mengkonfirmasi bahwa makan sedikit membantu usia Anda bergerak agak lambat. Mereka menemukan bahwa membatasi kalori menurunkan produksi T3, hormon tiroid yang memperlambat metabolisme dan mempercepat proses penuaan.


2. Sibuk Beraktivitas

Berhubungan seks yang memuaskan dua sampai tiga kali per pekan dapat menambahkan tiga tahun hidup Anda. Sibuk di ranjang dapat membakar jumlah kalori yang mengesankan. Sama seperti Anda berlari selama 30 menit.

Seks teratur juga dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan kekebalan tubuh, dan melindungi jantung Anda.


3. Matikan TV

Terlalu banyak waktu di depan televisi berpengaruh buruk bagi kesehatan Anda. Bahkan, sebuah studi tahun 2010 menemukan bahwa orang yang menonton empat jam atau lebih dalam sehari, 46 persen lebih mungkin untuk meninggal akibat penyebab apa pun. Hal ini berbanding terbalik dengan orang yang menonton kurang dari dua jam sehari.

4. Hindari sinar matahari langsung

Menghindari terlalu banyak sinar matahari dapat menghadang kanker kulit. Selain itu juga dapat membuat Anda terlihat lebih muda dengan mencegah kerutan, garis-garis halus, dan kulit kendor akibat sengatan matahari.

Belum terlambat untuk menggunakan tabir surya untuk perawatan harian kulit Anda (cari SPF 30 atau lebih). Dan jangan fokus hanya pada wajah Anda. Bintik kerusakan dan bercak di dada dan leher akibat sengatan matahari juga akan membuat Anda tampak lebih tua.


5. Bersosialisasi

Penelitian menunjukkan bahwa Anda berisiko lebih besar terkena penyakit jantung jika tidak memiliki hubungan yang kuat dengan keluarga dan teman.

Kesepian dapat menyebabkan peradangan. Pada orang yang sehat itu bisa sama berbahayanya dengan memiliki kolesterol tinggi atau merokok.


Kesepian tampaknya menimbulkan risiko terbesar bagi orang tua, yang juga rentan terhadap depresi.


6. Jauhi minuman beralkohol

Wanita yang menenggak minuman beralkohol dua gelas atau lebih dalam sehari atau pria tiga gelas atau lebih dalam sehari beresiko buruk pada kesehatannya. Efek merugikan itu mulai dari berat badan hingga masalah hubungan dengan pasangan. Tapi dalam jumlah yang lebih kecil, alkohol justru bisa baik untuk Anda.

Sebuah studi dalam Journal 2010 oleh American College of Cardiology menyarankan minum minuman beralkohol satu gelas dalam sehari untuk wanita dan dua gelas dalam sehari untuk pria bermanfaat secara signifikan bagi jantung Anda.


7. Makan buah dan sayuran

Mereka yang hanya mengkonsumsi buah dan sayur kurang dari tiga porsi dalam sehari bisa menggerogoti kesehatan. Penuhi gizi Anda dengan serat dan vitamin, buah-buahan dan sayuran dapat menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 76% dan bahkan mungkin memainkan peran dalam penurunan risiko kanker payudara.

Sebagai bonus tambahan, kekuatan antioksidan dalam buah dan sayuran dapat mengusir keriput dan dapat melawan peradangan.


8. Fokus pada kebugaran

Sebuah studi pada tahun 2008 menemukan bahwa olahraga secara teratur (seperti berjalan kaki) dapat menambah hingga empat tahun untuk hidup lebih lama.

Efek positif yang tidak mengejutkan adalah olahraga menyehatkan hati, pikiran, dan metabolisme tubuh. Bahkan 30 menit berjalan kaki setiap hari dapat menurunkan resiko gangguan jantung.


9. Jangan merokok

Berhenti merokok merupakan hal yang paling penting untuk kesehatan Anda. Sebuah studi yang diterbitkan di American Journal of Public Health menemukan wanita yang berhenti merokok pada usia 35 menambah sekitar enam sampai delapan tahun untuk hidup mereka.

Tidak pernah terlalu terlambat untuk menghentikan kebiasaan itu. Berhenti dapat memperlambat penyakit dan meningkatkan peluang kelangsungan hidup. Bahkan bagi perokok yang terkena kanker paru-paru dini atau COPD.

sumber : metronews.com 

Reaksi:

0 komentar: